Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden

Pemakaman Al-Azhar Memorial Garden
Pemakaman Al-Azhar Memorial Garden adalah salah satu unit usaha Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar yang bergerak di bidang layanan pemakaman Islam. Al-Azhar Memorial Garden dibangun untuk melayani umat yang ingin dimakamkan sesuai syariat Islam, sekaligus sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat tentang syariat pemakaman Islam.

Terbentang seluas 25 hektar di wilayah Karawang Timur, Al-Azhar Memorial Garden siap menampung sekitar 29.000 ribu jenazah muslim dari wilayah Jabodetabek, Karawang, Cikarang, Bandung, dan sekitarnya. Latar Belakang Dibangunnya Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden.

Pada saat ini, masyarakat Indonesia yang berada di wilayah perkotaan dengan jumlah penduduk yang terus meningkat menghadapi permasalahan semakin terbatasnya pemakaman yang disediakan oleh pemerintah dan masyarakat. Perlu diketahui bahwa Wilayah DKI Jakarta dengan luas 65.680 hektar diproyeksikan membutuhkan lahan makam seluas 785 hektar. Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jakarta tahun 2011, ditargetkan 745 hektar.

Padahal, luas makam di Jakarta hanya 576 hektar. Jadi, Jakarta jelas masih kekurangan lahan sebesar 209 hektar. Tingginya angka warga Jakarta yang meninggal dunia, dengan rata-rata per hari mencapai 111 orang, berarti mulai 2012 dan seterusnya, lahan pemakaman di DKI Jakarta akan habis apabila tidak segera dilakukan penambahan. Selain usaha menambah luas lahan makam, dilakukan juga kebijakan menumpuk jenazah dalam satu lubang makam bagi yang masih ada hubungan keluarga. Jarak waktunya minimal dua tahun, hal itu untuk mengantisipasi over-loadnya lahan makam.

Kondisi Tempat Pemakaman Umum yang ada pada saat ini sangat memprihatinkan, antara lain:
  • Terkesan berdesak-desakan dan tidak beraturan.
  • Kurang terurus dengan baik.
  • Seringkali ditemui pengemis, pedagang asongan, dan lain-lain.
  • Tidak memiliki fasilitas memadai.
  • Kewajiban membayar biaya perpanjangan pemakaian lahan dan iuran bulanan.
  • Terkesan seram dan angker.

Maksud dan Tujuan Al-Azhar Memorial Garden

Dengan melihat keadaan yang memprihatinkan ini, kami tergugah untuk berpartisipasi mengatasi kesulitan yang dihadapi pemerintah dengan menyediakan lahan pemakaman muslim yang dapat memberikan keamanan, kenyamanan, dan ketentraman bagi keluarga yang ditinggalkan.

Adapun pembangunan Al-Azhar Memorial Garden bertujuan untuk:

Memberikan pilihan bagi umat Islam untuk dapat dikuburkan di pemakaman muslim sesuai syariat Islam. Menyediakan lahan pemakaman muslim yang terawat untuk selamanya, tanpa ada lagi beban biaya bulanan ataupun tahunan yang memberatkan ahli waris. Adanya kemudahan prosesi pemulasaraan jenazah sejak awal sampai penguburan. Melanggengkan persaudaraan dan kekeluargaan, dengan adanya kuburan di lahan pemakaman muslim yang terpelihara selamanya, memungkinkan anak cucu untuk berziarah.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden yang dibangun sejak 2011 lalu memiliki konsep sebagai berikut:
  • Memiliki konsep, makam adalah bagian dari taman.
  • Tidak ada gangguan dari pihak luar, karena tertutup dan diawasi selama 24 jam nonstop.
  • Tersedia fasilitas lengkap dan modern (masjid, gazebo, dll)
  • Landscape yang tertata dengan baik.
  • Tata letak makam yang jelas dan teratur.
  • Jaminan penggunaan makam dan perawatan selamanya.
  • Satu makam untuk satu orang.
  • Persepsi umum terkesan damai dan sejuk.
Untuk Konsultasi Pemakaman Islam Al Azhar Memorial Garden silahkan Hubungi : 
Kindo Square Blok B4, Jl. Duren Tiga Raya No. 101, Jakarta Selatan 
Marketing : Arumi 
Hp / Wa : 081293871079
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pemakaman Islam Al-Azhar Memorial Garden"

Paket Terpopuler

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top