Pabrik minyak kelapa kopra terbaik

Pabrik minyak kelapa kopra terbaik untuk anda pilih dan pastinya berguna untuk anda dalam pembelian minyak kelapa kopra. Dan produksi minyak kelapa ini bisa dilakukan dengan basah maupun kering. Bila proses dilakukan dengan cara kering dilakukan dengan cara mengkonversi daging buah kelapa menjadi kopra terlebih dahulu. Pengolahan minyak kelapa dengan proses kering terdiri atas beberapa tahap, yaitu pembersihan dan penghancuran, pemanasan/pengkondisian, ekstraksi minyak, penyaringan, dan pemurnian. Proses ini memerlukan investasi yang cukup besar untuk pembelian alat dan mesin.

Pabrik Minyak Kelapa Kopra


Maka sebab itu minyak kelapa juga harus memiliki kandungan air 5-6%,  yang kemudian dipanaskan pada suhu sekitar 104°C selama kurang lebih 30 menit sampai diperoleh panas yang seragam. Setelah proses pemanasan, kadar air kopra berkurang menjadi sekitar 3%.  Pada proses pemanasan akan memudahkan pengeluaran minyak dari kopra, karena minyak akan lebih mudah mengalir yang disebabkan oleh menurunnya viskositas. Oleh sebab itu maka minyak kelapa dengan cara kering bisa juga anda lakukan dengan baik.

Pabrik minyak kelapa kopra basah


Sedangkan pabrik minyak kelapa kopra basah juga bisa anda lakukan dengan baik sekali. Maka proses pembuatan minyak kelapa kopra ini bisa dilakukan baik dengan basah maupun kering tersebut. Dengan cara yang basah anda bisa melakukan dengan cara tradisional dan fermentasi. Dengan cara tradisonal ini bisa dikatakan sangat sederhana dan dapat dilakukan dengan peralatan sederhana dan anda bisa mula – mula dilakukan ekstraksi santan dan kelapa parut. Kemudian santan dipanaskan untuk menguapkan air dan menggumpalkan bagian bukan minyak dengan cara penyaringan. Minyak yang masih terdapat pada blondo selanjutnya diperas untuk mengeluarkan sisa minyak.

Pabrik Minyak Kelapa Kopra


Sedangkan dengan cara fermentasi sangat berbeda dengan cara yang tradisional dan pertama santan didiamkan kurang lebih 3 jam untuk memisahkan skim dank rim. Krim yang dihasilkan kemudian difermentasi selama 24-26 jam untuk memudahkan penggumpalan bagian bukan minyak (terutama protein) pada waktu pemanasan. Mikroba yang berkembang selama fermentasi terutama mikroba penghasil asam. Asam yang dihasilkan menyebabkan protein santan mengalami penggumpalan dan mudah dipisahkan pada saat pemanasan. Selama proses fermentasi, air dipisahkan dari minyak. Selanjutnya minyak dipanaskan dalam waktu singkat untuk menghilangkan kandungan air kemudian disaring.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Pabrik minyak kelapa kopra terbaik"

Paket Terpopuler

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top