Kelebihan rumput sintetis

Kelebihan rumput sintetis, cara menanam rumput asli, dan cara memasang rumput imitasi. Grass pads atau grass sod adalah lapisan tanah yang sudah ditumbuhi rumput dan siap untuk ditempatkan di tanah lapang yang nantinya akan ditanami dengan rumput. Dengan grass pads atau grass sod ini, Anda tak memerlukan waktu lama untuk menumbuhkan rumput di halaman rumah Anda. Meski begitu, rumput yang berasa dari grass sod tetap memerlukan perawatan lanjutan agar rumput tidak kering dan mati.

Selain itu, penting juga untuk menempatkan grass pads atau grass sod di waktu yang tepat, yakni di awal atau di akhir musim penghujan, di mana intensitas hujan tak terlalu besar. Selain itu, penanaman mesti dilakukan di pagi hari atau sore hari guna menghindari sengatan matahari yang berlebihan. Jika tak ingin menumbuhkan rumput asli dari grass pads, Anda bisa memilih opsi menanam rumput sintetis di taman. Rumput sintetis yang modern saat ini memiliki tekstur dan terbuat dari material yang halus dan nyaman di kaki ketika diinjak. Rumput ini biasa diaplikasikan pada stadion olahraga.

Langkah – langkah dalam menumbuhkan rumput asli dari grass pads atau grass sod

  • Pastikan ketebalan tanah berkisar antara 6 sampai 8 inchi. Jika tanahnya tergolong tanah liat yang pekat, campur sedikit dengan pasir.
  • Tambahkan grass starter fertilizer, semacam pupuk khusus untuk rumput, pada grass sod. Diamkan satu atau dua hari sampai tanahnya lembab namun jaga jangan sampai terlalu lembek.
  • Jika sudah dua hari, cek apakah kondisi tanah sudah cukup baik. Jika tanah justru terlihat kering, semprotkan dengan sedikit air untuk membuatnya nampak lembab. Hal ini untuk menjaga agar tanahnya tidak terlalu kering hingga retak – retak dan terkelupas.
  • Aplikasikan grass sod pada area yang akan ditanami rumput secara satu persatu dan berurutan. Pemasangan grass sod dimulai dari jalan setapak atau pinggir taman. Susun grass sod satu per satu dan pastikan tidak ada celah antara satu grass sod dengan grass sod yang ada di sampingnya. Susun sampai ke ujung, dan jika ujung grass sod terlalu panjang, potong ujungya untuk menyesuaikan luas taman.
  • Siram permukaan grass sod dengan air secara merata hingga terlihat cukup basah. Di hari – hari awal, jaga jangan sampai rumput menjadi kering, terlebih di siang hari. Usahakan untuk tidak menginjak rumput sebelum 2 minggu setelah penanaman.

Cara memasang rumput sintetis untuk taman

  • Siapkah lahan yang akan dipasangi grass sod rumput sintetis. Hilangkan permukaan tanah setebal 3 inchi atau menyesuaikan ketebalan grass sod. Pastikan lahan benar – benar bersih dari daun kering, batu, kerikil, atau benda lain yang biasa menancap di tanah.
  • Sebarkan kerikil baru yang sudah dihancurkan kecil – kecil pada lahan yang akan dipasangi rumput sintetis. Keberadaan kerikil berguna dalam proses drainase ketika hujan turun, sehingga tidak akan menggenangi dan merusak rumput sintetis.
  • Padatkan batuan kerikil tersebut dengan plate tamper mekanik sehingga permukaan kerikil menjadi padat dan keras, hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir pori – pori atau celah antar batuan kerikil.
  • Lapisi permukaan kerikil yang sudah dipadatkan dengan heavy-duty landscape cloth. Lapisan ini melindungi rumput sintetis dari sisi tajam batu kerikil yang bisa saja mengenai rumput sintetis dan merusaknya. Lapisan ini juga bisa menghambat pertumbuhan rumput liar di sela – sela rumput sintetis.
  • Pasang beberapa lapis rumput sintetik satu per satu membentuk barisan yang rapat. Pastikan Agar ujung rumput mengarah ke arah yang sama agar terlihat lebih natural. Jika Ada perbedaan ketinggian, bisa saja Anda memotongnya untuk meratakan ketinggian rumput.
  • Paku ujung – ujung lapisan rumput dengan paku setebal 6 inchi. Rekatkan tiap sisi rumput sintetis dengan kelim atau perekat yang sudah ada di tiap sisi lapisan rumput sintetis. Anda bisa menancapkan paku di tengah perekat setiap 6 inchi untuk memperkuat daya rekatnya.
  • Taburkan pasir atau rubber infill agar rumput sintetis terlihat lebih natural ketika ditumbuhkan di halaman rumah.
  • Semprot permukaan rumput dengan sedikit air agar terlihat basah dan berkilauan ketika terkena sinar matahari.

Kekurangan rumput sintetis dibandingkan rumput asli

Rumput sintetis relatif lebih mudah dalam hal perawatan dibandingkan rumput asli. Namun jika tidak dipasang dengan benar, kemungkinan rumput sintetis akan menemui beberapa masalah. Kekurangan dari rumput sintetis adalah harganya yang mahal. Selain itu, rumput sintetis juga mudah rusak atau terkikis terutama saat tergenang air paska hujan. Rumput sintetis juga kemungkinan tak terlalu tahan panas dari sengatan matahari langsung, dan justru bisa menjadi sarang bakteri, kuman, dsb. Yang terakhir, rumput sintetis bisa menimbulkan masalah terhadap kondisi tanah dan lingkungan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Kelebihan rumput sintetis"

Paket Terpopuler

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top